· TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI
KEUNGGULAN KOMPETITIF
Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan
seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan
satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan
teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara
global.
Teknologi informasi mempunyai pengaruh
yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat karena sudah
merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Dalam teknologi informasi seperti
ini kemudahan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi sangatlah
penting dapat dilihat dari semakin berkembangnya teknologi internet dan
jaringan. Sekarang ini internet merupakan suatu kebutuhan dalam berbagi
informasi ataupun mencari informasi.
Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi
teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi
seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk
profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi
profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi
atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras,
kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar
pikiran.
Perusahaan Dalam Lingkungannya
Lingkungan adalah pola semua
kondisi – kondisi atau faktor – faktor eksternal yang mempengaruhi atau
menuntun kearah pengembangan perusahaan. Perusahaan memiliki banyak hubungan
terhadap pihak eksternal, hubungan ini dapat dilihat dan tercermin dalam
berbagai macam hubungan yang terkait. Suatu perusahaan tidak dapat berdiri
sendiri tanpa adanya kerjasama dan bantuan dari para karyawannya, supplier,
pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat.
Keunggulan Kompetitif
Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif
diantaranya: menyediakan barang dan jasa dengan harga murah menyediakan barang
dan jasa lebih baik daripada pesaing dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen
pasar tertentu. Pada bidang komputer, “keunggulan kompetitif” mengacu pada
penggunaan informasi untuk mendapatkan “leverage” di pasaran. Artinya,
perusahaan tidak selamanya mengandalkan pada sumberdaya fisik, tetapi pada
sumber daya konseptual yang unggul – data dan informasi yang dapat digunakan
sama baiknya.
Kesimpulan
Pada bidang komputer, keunggulan
kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengaruh
terhadap pasar. Perusahaan juga tidak selamanya hanya mengandalkan pada
sumberdaya fisik, tetapi pada sumber daya konseptual yang unggul baik data dan
informasi yang dapat digunakan harus sama baiknya.
No comments:
Post a Comment